Pendampingan Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Motion Graphic Siswa Kelas XI Multimedia di SMK Negeri 5 Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.37905/ejppm.v1i2.8Keywords:
video pembelajaran, motion graphic, materi tipografiAbstract
Berdasarkan evaluasi pembelajaran di Kelas XI Multimedia pada mata pelajaran Desain Grafis Percetakan belum memenuhi standar KKM yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis motion graphic pada materi Tipografi kelas XI Multimedia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) mengacu pada model Borg and Gall. Hasil penelitian : (1) validasi ahli media 1 mendapatkan skor 58 (77,3%), dan validasi ahli media 2 mendapatkan skor 72 (96%), (2) hasil validasi ahli materi 45 (100%). (1) Aspek Materi memperoleh skor 312 (91,7%), Aspek media memperoleh skor 241 (94,5%), dan (3) aspek tipografi memperoleh skor 247 (96,8%). Secara keseluruhan penilaian siswa terhadap video pembelajaran memperoleh skor 800 (94,1%). Dapat disimpulkan video pembelajaran berbasis motion graphic layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas XI Multimedia SMK Negeri 5 Gorontalo.
Based on the learning evaluation conducted in Class XI of Multimedia, the learning subject of Graphic Design Printing has not met the minimum criteria of mastery learning (75). Therefore, this study aimed to develop motion graphic-based leaming videos on typography learning material for class XI of Multimedia. This study was classified as a research and development study referring to the Borg and Gall model. The results of the study showed that: (1) the validation of media expert I obtained a value of 58 (77.3%), and the validation of media expert 2 obtained a value of 72 (96%), (2) the results of the validation done by the learning material expert obtained a value of 45 (100%). (1) the learning material aspect obtained a value of 312 (91,7%), (2) the learning media aspect obtained a value of 241 (94,5%), and (3) the typography learning aspect obtained a value of 247 (96,8%). Overall, the student's assessment of the learning videos obtained a value of 800 (94,1%). Thus, it can be concluded that the motion graphic-based learning videos are feasible to use in the learning process of Class XI of Multimedia at SMK Negeri 5 Gorontalo.
References
Amali, L. N., Zees, N., & Suhada, S. (2020). Motion graphic Animation Video As Alternative Learning Media. Jambura Journal Of Informatics, 2(1). https://Doi.Org/10.37905/Jji.V2i1.4640
Damayanti, dan Wulandari, H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Motion graphic Untuk Siswa Kelas Xi Pada Desain Multimedia Di Smkn 1 Cibadak. Jurnal Kependidikan, 22–31.
Doe, M. D. M. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan Kelas XII TKJ Di SMK Negeri 1 Limboto. Skripsi, 1 (532418022).
Hasiru, I. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Motion graphic Pada Mata Pelajaran TIK Kelas VII Di SMP NEGERI 1 TAPA. Gorontalo : Universitas Negeri Gorontalo.
Juwita, R. (2018). Pembuatan Motion graphic Sebagai Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Tata Surya. Jakarta: Erlangga.
Latief, M. ., Suhada, S., Abdillah, T., Dai, R. H. ., Padiku5, I. R. ., & Huraju, R. M. . (2023). Pendampingan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada SMK N 5 Gorontalo. Empiris Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 21–31. https://doi.org/10.59713/ejppm.v1i1.665
Mamonto, A. G. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Animasi 3D Di SMK N 1 Kotamobagu, Skripsi, 1 (532416022).
Noviandira, N. C. dan Khotimah, K. (2022). Pengembangan Video Motion graphic Mata Kuliah Bahan Ajar Cetak Materi Poster Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.
Prabaswari A. W., Widyartono M., dan Ismayati E., A. C. H. (2022). Pengembangan Media Interaktif Sistem Tenaga Listrik Menggunakan Motion graphic Untuk Siswa Kelas Xi Titl 1 Smk Rajasa Surabaya Anindya Widia Prabaswari Mahendra Widyartono Euis Ismayati Aditya Chandra Hermawan.
Pebriand, B. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Motion graphics Dengan Adobe After Effects Pada Materi Pengenalan Animalia Untuk Kelas X (Doctoral Dissertation, Universitas Jambi). https://Repository.Unja.Ac.Id/32832/2/Bab%20i%20%20binanggra%20alpa%20pebriand.Pdf
Rafif G. N., Ajie H., dan Sastrawijaya Y. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Motion graphic Pada Mata Pelajaran Ddg Untuk Peserta Didik Di Smk Program Keahlian Multimedia. Pinter : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, 5(2), 37–41. https://Doi.Org/10.21009/Pinter.5.2.6.
Rustandi, A. A. dan N. H. (2020). Engembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Kelas X Sekolah Menengah. Jurnal Binawakya, 15(2), 4085–4092.
Suhada, S., Amali, L. N., Katili, M. R. ., Mongilong, M. F. ., Anwar, R. A. ., Hamlina, R. Y. ., Wibowo, S. F. ., & Sudirman, R. . (2023). Pelatihan E-Learning Menggunakan LMS Google Classroom Bagi Guru SMAN 1 Bolangitang. Empiris Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 09–14. https://doi.org/10.59713/ejppm.v1i1.661
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://Doi.Org/10.32585/Jkp.V2i2.11.
Uko, A. F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi, Informasi Dan Komunikasi (Studi Kasus : Kelas IX di SMP Negeri 1 Tapa), Skripsi, 1 (532413010).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 sitti suhada, Ahmad Azhar Kadim, Lanto Ningrayati Amali, Roviana H Dai, Rochmat Mohammad Thohir Yassin, I Wayan Gede Sandika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.